Lagi-lagi Masih Merasa Muda

Standard

Waktu memang berlalu cepet banget, tapi kadang kita tak menyadari. Gak sadar tiba-tiba udah hampir 27 aja. Ups… hampir berkepala tiga.

Yang membuat sadar usia adalah ketika melihat orang di sekitar kita semakin tua. Orangtua kita yang mulai keriput atau mbah yang semakin sering sakit. Tapi, kadang aku masih menganggap hal itu biasa saja lho! wajar karena hampir setiap hari berinteraksi dengan mereka.

Paling menampar kasadaran adalah ketika mudik ke Kediri, melihat tetangga yang dulunya mulus, cantik, dan judes sekarang rambutnya memutih. Belum lagi melihat nenek penjual mainan yang dulu ketika aku kecil pun sudah memanggilnya mbah. Kini setelah aku punya anak [un dia tetap berjualan mainan di lahan parkir di pasar depan rumah.

Lain lagi melihat ibu-ibu penjual kacang goreng langganan. Dulu kurus dan cerewet, sekarang kecerewetannya berkurang, tapi kacang gorengnya semakin enak, renyah dan harumnya menggoda. Belum lagi Pak Yanto, penjaja kue basah keliling langgananku ketika kecil. Dia masih membawa dua tong dari seng bulat yang dipikul dengan sebuah tongkat kayu. Senyumnya masih sama ramahnya tapi ia semakin tua.

Lalu Yu Mi penjual rujak cingur yang laris manis tanjung kimpul. Dulu terkenal gendhut banget, namun sangat gesit memainkan ulekan, menghancurkan kacang dan mencampurnya dengan pisang berbiji, petis, dan gula merah. Sekarang ia makin kurus dan makin lamban memainkan ulekan. Pertanda Yu Mi semakin tua.

Aku disadarkan bahwa akupun semakin tua. Ya, sebentar lagi dua puluh tujuh tahun.

 

One response »

  1. Pingback: Sate Telur Puyuh | dapurhangus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s