Sebelas

Standard

Dua angka satu yang berjajar itu sebelas. Jika ditambah satu berarti dua belas. Dua belas bulan sama dengan satu tahun. Berarti satu bulan lagi menuju ulang tahun pertama Violeta.

Sebenarnya, posting ini hanya ingin mengenang tumbuh kembang Vio sebelas bulan terakhir. Lahir 26 Maret 2010 dengan berat 2,8 kilogram dan panjang 48 sentimeter, sekarang beratnya sudah 9,2 kilogram. Panjangnya? Lupa nggak diukur waktu ke Posyandu terakhir kali hehehe…

Di usia 5,5 bulan, Vio bisa duduk tegak (didudukkan tentunya) dan semakin lama bisa duduk tegak tanpa diasisteni ketika mulai mengenal makanan padat. Saya ingat sekali Vio duduk pertama kali selama 18 detik (iseng banget ya nyalain stopwatch).

Duduk termasuk lompatan terbaik milestone Vio menurut saya. Mengapa? Karena dia tak melewati masa tengkurep, merangkak lalu bisa duduk tegak sendiri. Hampir bersamaan dengan duduk, Vio mulai bisa memegang makanan dan mengarahkan ke mulut.

Sampai sekitar tujuh bulan, Vio masih duduk dengan cara “ditanam” (ini istilah ibu saya). Kalau mulai merengek-rengek ketika tiduran, berarti Vio minta duduk. Setelah itu mulailah keterampilan ngesot yang dipopulerkan oleh seorang suster hihihi… Ngesot-nya tak sampai jago, jadi nggak jauh juga pergeserannya. Paling banter cuma sampai pintu kamar. Jadi, kalau ditinggal masih amanlah!

Setelah adegan ngesot itu, Vio mulai guling-guling dan bisa tengkurep walaupun sangat jarang. Akhirnya Vio malah belajar berdiri dulu, berpegangan seputaran Ibu atau Ayahnya, belum bisa bergeser ke mana-mana. Setelah berdiri, lalu rombongan tengkurep-merangkak-merangkak mundur-duduk mandiri datang. Bayi delapan bulan itu sudah seperti selayaknya bayi.

Hari pertama 2011, Vio mulai melangkah. Hanya tiga langkah, tapi kami heboh sekali. Berarti usianya ketika itu 9 bulan lebih 5 hari. Dari langkah pertama ke jalan yang sebenarnya cukup lama, sekitar satu bulan. Di antara itu, Vio melangkah cuma satu atau dua langkah saja lalu duduk. Seringnya langkah bocil itu terjadi ketika diiming-imingi es krim.

Melihat bayi yang melotot pas dilahirkan itu berjalan, entah mengapa saya jadi melankolis. Terharu, pengen nangis, tapi juga bahagia. Ini saat paling bahagia bagi saya. Amazing! Saya bingung menggambarkan perasaan saya ketika melihat bocah itu wara wiri ngalor ngidul di rumah.

Setelah lancar berjalan di dalam rumah, saya mulai mengajari berjalan dengan alas kaki ketika jalan-jalan sore. Langkah Vio seolah-olah berat, namun perkembangannya juga cukup cepat.

Sebelas bulan sudah saya menjadi ibu, tapi Vio belum pernah memanggil saya Ibu secara “resmi” dan jelas. Kadang menyapa saya dengan “mak”, “mam”, “nyen”, “mbbuuu”, “ibruuu” dan kata-kata ajaib lain yang saya sering artikan sendiri sebagai panggilan kepada saya.

Yang membuat saya iri, sekarang Vio sudah pandai memanggil Ayah. Pengucapannya sangat jelas, dia juga sering mengulang-ulang kata “ayah”. Bangun tidur manggil “ayah”, main juga manggil-manggil “ayah”, makan juga bilang “ayah”. Kadang dia berkreasi dengan “yayah” atau yayayah”. Lucu sekali!

Sebelas. Berarti satu bulan lagi menuju ulang tahun pertama. Untuk kado, saya ingin menulis 20 surat untuk Vio. Semoga saja surat itu bisa diposting di sini nanti. Oh ya, saya berharap Vio mendapat kado istimewa nanti, sebuah gigi hihihi…

5 responses »

  1. Ahhh iya..GIGI..itu yang ditunggu2 sampai sekarang.. Vio menghitung minggu ya…Va’ mau menghitung hari, dan sepertinya hari jadi nya bakal dirayain dengan makanan tidak sehat… Pizza Hut

    • Ah ya pizza, baru nyatet resep pizza. Pengen bikin pizza buah…

      Tgl berapa Va ultah? 7 ya? Semoga cpt numbuh gigi🙂. Sm banget nih kyk Vio, nunggu gigi, udah kasar gusinya tp ga nongol2 giginya😦

  2. Jeng Ika Rahma… numpang silaturahmi disini yo… piye si kecil sehat kah… eh lek ultah q dikirim jg kue ultahnya ya… hahaha
    Salam, Bundane Cenna

Leave a Reply

