Baby Led Weaning

Standard

Setelah lulus sebagai sarjana ASI, Vio mulai dikenalkan makanan selain ASI, istilah ngetopnya makanan pendamping ASI (MPASI). Saya memutuskan menggunakan metode baby led weaning (BLW) dibandingkan metode menyuapi biasa. Alasannya, saya berpikir metode ini banyak manfaatnya untuk buah hati saya (selain karena saya tidak telaten menyuapi).

Saya pertama kali mengetahui metode ini dari The Urban Mama. Salah satu thread-nya membahas tentang pengalaman para ibu yang telah menerapkan BLW. Saya tertarik dan langsung berselancar lebih jauh tentang metode ini.

BLW diperkenalkan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett melalui buku berjudul sama. Intinya, memperkenalkan bayi dengan tekstur asli makanan, bukan puree atau jus (berarti no bubur juga ya!). Jampi-jampi utamanya adalah food is fun until one.

Makanan yang diperkenalkan pertama-tama biasanya dalam bentuk soft cooked atau dikukus/direbus. Beberapa jenis buah dan sayur tidak perlu dikukus, misal pepaya, alpukat, pisang.

Berarti, sudah hampir dua setengah bulan Violeta MPASI dengan BLW. Makanan pertama adalah kentang kukus, lalu wortel kukus.

Nilai plus nya, Vio sudah pintar mengarahkan makanan ke mulutnya. Koordinasi tangan dan matanya lumayan bagus. Dan milestone paling memuaskan (emaknya) adalah pincer grip-nya sudah sangat bagus di usia 8 bulan (prok prok prok).

Sementara itu, nilai minusnya ada juga. Seperti berantakannya, lamanya waktu makan, dan variasi menu di awal terbatas (selain karena emak Vio enggak jago masak).

Yang paling kocak, ketika Vio mulai banyak gerak, dia mulai bisa nenen sambil duduk dan menjungkir (Vionya yang duduk dan menjungkir, emaknya bobo saja). Nah, bukan mulut yang menghampiri nenen, tapi nenennya ‘diambil’ dan didekatkan ke mulut, seperti halnya ketika makan. Duhh!!!

Sekian dulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s