Apa Kabar Pemberantasan Korupsi?

Standard

Selamat Hari Antikorupsi Sedunia! Kemarin, 8 Desember, adalah peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia. Apa kabar pemberantasan korupsi di Indonesia? Kabarnya kabur.

Tentu saja kabarnya kabur, semakin tak jelas. Kalau di China koruptor dihukum mati, di Indonesia koruptor bisa lari-lari dengan bebasnya. Di Indonesia, semakin tak jelas mana yang disuap dan mana yang menyuap.

Gayus Tambunan misalnya. Dia disuap wajib pajak untuk “tugas-tugas” tertentu. Di sisi lain, Gayus juga menyuap Kalapas Mako Brimob. Hmmm… Cuma bisa geleng-geleng kepala.

Kita memang punya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tapi kerjanya belum maksimal. Terlalu banyak kasus korupsi yang harus ditangani KPK. Di pihak lain, personil KPK terus dirongrong bahkan dikriminalisasi. Jadi Ketua KPK juga cuma paket hemat, cukup setahun saja!

Ahh, saya tak tahu lagi harus menulis apa. Saya cuma bisa berdoa semoga korupsi bisa diberantas sampai ke akar-akarnya. Sebagai ibu, saya berdoa untuk diri saya sendiri agar bisa mendidik anak-anak saya nanti untuk menjauhi korupsi. Semoga…

Leave a Reply

