Cloth Diaper itu ya Popok Kain, Kawan!

Standard

Tiba-tiba saya tergelitik untuk menulis tentang popok. Kali ini berhubungan dengan bahasa. Saya sedikit risih dengan istilah cloth diaper alias clodi.

Ada apa dengan clodi? Menurut pemahaman saya, cloth itu kain, diaper itu popok. Berarti cloth diaper itu ya popok kain, entah bagaimanapun bentuknya.

Popok kain sejatinya memang beragam bentuknya. Ada popok kain bertali, popok kain yang flat (flat diaper), popok kain berkantong (pocket diaper), dan mungkin masih ada lagi jenis lain yang saya tidak tahu. Kalau dirunut dari segi bahasa, popok kain bertali ya cloth diaper juga.

Lalu apa masalahnya? Masalahnya mungkin hanya ada pada saya yang tidak sreg dengan istilah clodi. Mengapa hanya popok kain berkantong dan popok antitembus (diaper cover) yang disebut clodi? Itu namanya pilih kasih, Kawan!

Itulah mengapa, saya lebih senang menyebutnya popok dan bukan clodi. Ini bukan masalah besar, tapi mendasar. Kalau seorang ibu belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin anak-anaknya kelak lebih mencintai bahasa Indonesia.

3 responses »

  1. Saya setuju. Clodi itu ya popok kain, bukan cuma sebatas pocket diaper. Mau pake flat diaper, pre-fold, all-in-one, pocket, dll-nya ya tetep bisa disebut pake cloth diapers aka clodi, bukan?
    Salah kaprah sebenernya kalo flat diapers dibilang popok kain sementara pocket dibilang clodi.

  2. Iya Mbak Rika, ga adil ya jadinya klo flat diaper ga dibilang clodi. Emmm… Ini masalah kecil sih, tp kalo ibu2 runut logika bahasanya, anak2nya jg bakalan ngikutin kan?

Leave a Reply

