Menyanyi untuk Violeta

Standard

Violeta suka sekali bernyanyi. Tangisannya bisa berhenti seketika jika mendengart lagu. Apalagi, jika saya berbaring di sebelahnya dan menggerak-gerakkan tangan ke atas. Dia akan tertawa senang.

Awalnya, menyanyikan sebuah lagu di depan Vio hanyalah iseng belaka. Tujuannya agar dia tak menangis dan minta gendong. Namun, Vio ternyata ketagihan. Mungkin karena suara saya bagus (ga boleh protes ya!).

Masih segar dalam ingatan saya ketika kami masih tinggal di Sumedang. Vio kira-kira berusia 2,5bulan ketika itu. Sumedang yang panas membuatnya gerah dan rewel. saya membaringkannya di kasur dan mulai bernanyi. Ajaib, Vio tak rewel lagi.

Pengalaman bernyanyi bersama pertama kali berlangsung cukup lama, sekitar sepuluh menit. Ketika kami selesai, mertua saya menghampiri kami, “Vio habis nyanyi ya sama Ibu.” Vio pun tersenyum.

Setelah kejadian itu, saya pun berasumsi Vio suka mendengar lagu-lagu. Ketika kami pindah kembali ke Bandung, kami lebih sering lagi bernyanyi agar Vio tak minta gendong. Vio cukup berat, padahal saya masih sering merasakan sakit setelah melahirkan, maka menyanyi menjadi aktivitas favorit kami.

Lagu yang sering kami nyanyikan adalah Balonku Ada Lima. Saking seringnya, Vio ikut bernyanyi ketika kami mendendangkannya. Ya, walaupun hanya suara ‘ha’, ‘wo’, ‘ao’ saja yang terdengar. Ayah Vio seringkali mengganti lirik Balonku Ada Lima sesuka hatinya. Maklum, perbendaharaan lagu anak-anaknya tak sebanyak saya, “Biar ga bosan,” begitu kata Ayah Vio.

Selain Balonku, saya juga menyanyikan Bintang Kecil, Pelangi, Pohon Cemara, Kodok Ngorek, Naik-naik ke Puncak Gunung, dan Burung Kakak Tua. Kadang Naik Kereta Api, Ruri Abangku, Topi Saya Bundar, dan si Kancil. Yang tak pernah ketinggalan adalah Satu Satu Aku Sayang Ibu dan Pok Ame-ame.

Ada kalanya kami kehabisan perbendaharaan lagu. Kadang kami juga menyanyikan lagu dari band-band yang sedang ngetop atau lagu kebangsaan. Vio akan menangis ketika kami berhenti menyanyi.

Meski capek, kadang kehabisan suara, kami senang melakukannya untuk Violeta. Saya akan selalu ada untuknya, apalagi untuk sekadar bernyanyi.

One response »

  1. Kalo aku justru nyanyanya dr Rajuu baru lahir. Pas nyusui awal2 kan sakit bukan main tuh,nah aku nahan sambil nyanyi. Tp lagu ciptaanku sendiri😛
    liriknya juga liriku sendiri..
    Anak bunda, anak bunda, anak abi. Cinta bunda, cinta abi, sayang bunda,sayang abi..

    Klo Uty nya nyanyine ngene” 1 1 Raju sayang Uty. 22 sayang aunty dofi. 33 sayang bunda abi. 123 sayang teman PAUD, horee ”😀

Leave a Reply

