Popok oh… Popok

Standard

Setiap mendengar kata popok otak saya langsung berasosiasi pada dua  hal, bayi dan pipis. Lalu sel kelabu di otak saya langsung membentuk sebuah image, kain tipis dengan tali. Namun, ketika Violeta lahir, vocabulary image di otak saya bertambah. Si kain tipis bertali itu sudah kuno, Saudara!

Saya pun berkenalan dengan popok kain modern (banyak orang menyebutnya clodi alias cloth diaper). Jenis popok kain modern (saya lebih suka menyebut popok kain modern daripada clodi) ini bermacam-macam, ada yang berkantung, ada yang berfungsi sebagai cover, ada yang memakai prepet, ada juga yang memakai kancing tekan (snap).

Demi meminimalisasi penggunaan popok sekali pakai (pospak; lazim disebut pampers), saya pun membelikan Violeta dua popok kain modern. Niatnya untuk uji coba, kalau cocok, bolehlah dilanjut (yang artinya belanja lagi dong he he…). Hasilnya? Masih terlalu tebal untuk Vio yang masih mungil ketika itu.

Seiring perkembangan usia, popok kain modern itu semakin fit di tubuh Violeta. Jadilah saya ketagihan membeli popok. Apalagi popok kain modern yang bisa dicuci itu sejalan dengan program penghematan keuangan.

Kami tak bisa menghindari pemakain pospak untuk Violeta karena setiap hari saya membawanya ke toko. Dalam seminggu, Violeta bisa menggunakan satu pak pospak berisi 22. Harganya hampir lima puluh ribu. Dalam sebulan, berarti kami harus mengeluarkan hampir 200 ribu hanya untuk wadah pipis. Jika mau hitung-hitungan bisnis, 200 ribu itu sama dengan delapan rim kertas yang akan menghidupi usaha fotokopi kami. Sayang bukan?

Selain alasan penghematan, saya juga sedikit banyak peduli pada kampanye go green. Sudah terasa betapa panasnya bumi ini karena pemanasan global, maka saya ingin sedikit peduli. Apalagi sebenarnya saya punya “dosa” menyumbang efek rumah kaca karena memiliki usaha fotokopi (heheheheheheh….). Jadi, saya mau menebus dosa.

Leave a Reply

