Drama Nongolnya Violeta (1)

Standard

Orang bilang, janin tak banyak bergerak dalam perut jika sudah tiba masanya nongol ke dunia. Tapi, Violeta mematahkan semua itu! Sehari sebelum hari kelahirannya, bapak dan ibu saya malah melihat geliat semangat dan gelombang tsunami di perut saya ketika terlelap.

Orang bilang lagi, kalau mau melahirkan itu rasanya seperti ingin pipis atau buang air besar tapi nggak keluar-keluar. Tapi, itu tidak berlaku untuk saya. Saya rasanya pengen pipis saja, pengen buang air besar juga, keduanya berjalan dengan lancar. Hanya saja, rasanya seperti masuk angin.

Malam itu, saya hanya berdua dengan adik, Alvin Faizah. Bapak dan Ibu sedang pergi. Pintu rumah dikunci dari luar karena toh kami tak akan ke mana-mana.

Newborn tapi centil

Adik saya itu orangnya cuek. Ketika saya merasa ada yang tak beres dengan badan saya, saya pun mengutarakan kepadanya. Dia sedang asyik masuk dengan laptop dan dowload-an reality show Korea. Berikut percakapan kami.

Saya : Dhek, aku kok ga enak badan ya? Nanti kalau aku melahirkan gimana, pintunya dikunci, nggak bisa ke mana-mana.
Alvin : Pluk (kependekan dr Cipluk, panggilan sayang), jangan nakut-nakutin. Pokoknya jangan melahirkan sekarang!
Saya : Ya mana bisa ditahan, kalau udah pengen mbrojol gimana?
Alvin : Udah tidur aja! Nanti juga sembuh.
Saya : Lha gak ngantuk, gimana dong! Nanti kalau aku mau melahirkan, gimana?
Alvin : Pokoknya jangan melahirkan sekarang, kalau tetep mau melahirkan sekarang, aku tinggalin kabur aja. Aku mau kabur lewat atas, lewat rumah Mbak Apip (tetangga sebelah, atapnya nyambung).
Saya : Aku yo ikut lewat rumah Mbak Apip.

Pesan moral: kalau mau melahirkan, jangan bilang-bilang ke Alvin Faizah ha ha…

Saya pun tidur, seperti saran Alvin. Dalam tidur, saya masih saja memikirkan skenario naik ke atap untuk menuju ke rumah bidan ha ha…Untungnya, tak lama berselang, Bapak dan Ibu saya datang. Saya pun bangun dan menyambut keduanya dengan cerita rencana kabur dari atap.

Alvin pun tidur, sementara bapak, ibu, dan saya menyaksikan Ridho Roma dan d’Massive di ANTV. Saya masih saja pipis dan buang air besar. Saya hanya sakit perut karena minum kopi sore tadi, begitu pikir saya.

Setelah sesi terakhir pipis, saya merasakan kaki kesemutan, tiba-tiba saja kaku. Berikut percakapan konyol kedua malam itu:

Bapak : Itu tanda-tanda melahirkan bukan?
Ibu : Kalau mau melahirkan ya pengen pipis, tapi nggak keluar.
Saya : Ini pipis beneran kok. Berarti bukan (menyaksikan Ryan d’Massive di tipi). Loh, tapi kok kakiku kesemutan ya?
Ibu : Kaku ya?
Saya : Iya, tanda-tanda, Mam?
Ibu: Mungkin. Ayo Mashad, dibawa ke Mbak Yah (budhe saya yang kebetulan bidan).
Bapak : Tanda-tandanya begitu?
Saya dan Ibu: Gak tau!
Bapak: Lha kalau orang yang hamil dan sudah pernah melahirkan nggak tahu tanda-tandanya, apalagi aku? Ha ha ha…

Pesan moral: Jangan nanya tanda-tanda melahirkan ke Bapak.

Lalu, ibu pun menelpon kakaknya yang bidan. Perintahnya, “Bawa saja ke sini daripada terlambat!” Ketika berangkat pun, saya belum merasakan apa-apa kecuali pengen pipis dan pipis beneran. Nggak ada flek, apalagi air ketuban.

Setengah perjalanan berlangsung santai, sampai saya merasakan yang namanya kontraksi. Sakit, tapi nggak lama. Setelah kontraksi, saya tertawa-tawa saja.

Kami sampai di kediaman budhe sekitar pukul 12 malam. Saya langsung pamit ke kamar mandi pengen pipis. Saya bener-bener pipis seperti sebelumnya, hanya saja, kali ini mulai ada bercak darah. Ternyata, sudah bukaan 3 saja ha ha… Nggak kerasa!

Yah, setelah itu, perjuangan dimulai. Kontraksi datang terus menerus, ketuban pecah, darahpun mengalir terus menerus. Kontraksi semakin sering.

Saya mulai mengatur nafas, sementara kontraksi semakin sakit dan sering. Di tengah-tengah konsentrasi itu, budhe memerintahkan saya pindah ruangan. Yah, saya pun berjalan sendiri ke ruangan yg dimaksud sambil menyingsingkan sarung coklat he he…

Bersambung… Drama Nongolnya Violeta 2 yang jauh lebih konyol…

Ditulis oleh Ika Rahma, diedit oleh Rahmania Violeta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s