Bakpao Buah Bandung

Standard
Bakpao berbentuk terong, tampak segar...

Bakpao berbentuk terong, tampak segar…

Hmm…. Terong itu menggoda sekali, tampak segar. Tapi, jangan kaget jika menemukan kacang di dalamnya. Bagaimana bisa terong berisi kacang? Tak lain karena terong itu adalah bakpao yang sedang menyamar.

Terong dan kawan-kawannya di foto itu adalah bakpao buah buatan Andy Yang Pastry. Pastry yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum 74 Bandung ini memroduksi bakpao dengan 10 bentuk sayur dan buah. Selain terong dan pumpkin, ada juga strawberry, pir, apel, lemon, jeruk, persik, tomat, dan wortel.

Hebatnya, Andy dan Yayang Wijaya sang pemilik pastry, membuat bakpao-bakpaonya tanpa cetakan. Semua dikerjakan dengan tangan. Padahal dalam sehari, keduanya bisa membuat 300-500 bakpao.

Andy Yang Pastry menjual bakpao setengah matang. Sebelum dikonsumsi, kukus dulu 10 menit agar bakpao empuk. Paling nikmat melahap bakpao buah ini bila sedang hangat.

Isian bakpaonya beda-beda lho! Ada empat macam isian, yaitu kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, dan kacang pandan.

Soal rasa? Hmmm… Ya rasa bakpao saja. Yang berbeda dari bakpao biasa adalah keempukannya. Bakpao buah ini lebih liat dibanding bakpao pada umunya.

Soal harga? 60 ribu untuk satu box berisi 10 bakpao. Harga satuannya enam ribu. Cukup mahal sih untuk sebuah bakpao, tapi melihat bentuknya yang menggemaskan, rasanya tidak sayang.

Andy dan Yayang mendirikan toko kuenya 3,5 tahun lalu. Namun, keduanya telah sering menerima pesana sejak 1990-an. Bakpao buah sendiri mulai diproduksi 5 bulan terakhir, tepatnya Juli 2010. Sebelumnya, Andy Yang Pastry telah memroduksi bagelen Jepang, aneke kue kering dan kue basah serta kue tart ulang tahun.

Bagelen Jepang sendiri cukup istimewa. Kue keras produksi Andy Yang Pastry ini mengandung sari buah sesuai asli. Nama “Jepang” diambil karena ketika itu di Jepang sedang musim roti buah.

Toko kue yang mempekerjakan empat orang karyawan ini letaknya agak tersembunyi. Yang terlihat dari jalan utama hanyalah lorong sempit selebar satu meter. Oh ya, toko ini tepat di seberang Plaza Palaguna, Jalan Dalem Kaum.

Bosan dengan oleh-oleh Bandung, bakpao buah ini bisa menjadi alternatif lho!

About these ads

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s